Maksiat di Bulan Ini Lebih Besar Dosanya

Maksiat di Bulan Ini Lebih Besar Dosanya

Rabu, 26 Februari 2020, Februari 26, 2020
Cahaya Islam

PCN MEDIA,Cahaya Islam.Empat bulan tersebut adalah Dzulqo'dah,Dzulhijjah,muharram,dan Rajab.Allah swt Berfirman :


"Sesungguhnya bilangan Bulan pada sisi allah adalah dua belas bulan,dalam ketetapan allah di waktu itu dia menciptakan langit dan Bumi,di antaranya empat bulan harom.itulah (Ketetapan) agama yang Lurus,maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.(QS At Taubah :36)


al-Hafiz ibnu katsir Rahimahullah berkata dalam Tafsirnya :


"Allah Swt Berfirman: 'maka jangan kamu menganiaya diri kamu di empat bulan itu,"maksudnya dalam bulan-bulan yang empat ini.karena dosanya lebih berat dan lebih besar,dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.sebagaimana dosa maksiat di Negri al harom di lipatgandakan.



Berdasarkan Firman allah Swt :

"dan siapa yang bermaksud di dalamnya melakukan kejahatan secara Zholim Niscaya akan kami Rasakan kepadanya sebagian siksaan yang pedih."(QS.Al Hajj :25)


maka demikian pula dalam bulan-bulan harom,dosa-dosa di dalamnya di lipatgandakan "


lalu beliau ( Ibnu katsir Rahimahullah) membawakan Atsar dua sahabat Rasullulah shallahu'alihi wasalam yaitu Ibnu Abbas Rodhyalahu'anhumaa dan abu Qotadah radyhiallahu'anhu yang menguatkan ucapan beliau.


"ibnu abas Radhyallahu'anhumaa berkata "Allah menjadikan dosa di dalam bulan-bulan Harom itu lebih besar serta menjadikan almalan.
 shleh dan pahala juga besar." (lathaif Al Ma'arif hlm 207)


abu Qotadah radhyallahu'anhu Berkata,"keZholiman di bulan-bulan harom lebih besar kesalahan dan dosanya dibandingkan Kezholiman pada bulan-bulan lainnya.

TerPopuler