Arti Kata KEDAONG Dalam Bahasa Belitung

Arti Kata KEDAONG Dalam Bahasa Belitung

Senin, 26 Juni 2023, Juni 26, 2023
Foto:Pixabay.com


VISTORBELITUNG.COM,bahasa Daerah di Indonesia sangat beragam, karena terdiri dari Etnis dan Suku yang beraneka ragam dalam keseharian belitung termasuk menggunakan kata Suku "Melayu" hampir sama dengan penggunaan logat Orang Sumatera. 

Dan Belitung sendiri termasuk ke dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,dimana terkenal dengan Film "Laskar Pelangi" yang Berada di Kepulauan belitung. 

Belitung juga merupakan daerah Pariwisata yang terkenal dengan pantai dan Batu Granite yang besar di tepian pantai, yang dimana pernah dijadikan lokasi shooting laskar pelangi. 

Berkenaan dengan bahasa,bahasa terbagi menjadi dua Yaitu, kata Kasar dan Kata Lembut dan sedangkan kata bahasa yang di gunakan harian untuk berbicara dengan warga lokal. 

Namun Bahasa Kasar ada Banyak,termasuk salah satunya Arti Kata "KEDAONG Itu Merupakan Kata Kasar yang memiliki arti yang Buruk.

"Kata KEDAONG Itu sendiri merupakan arti dari nama Setan yang menyerupai kepala terbang atau masyarakat lokal Belitung menyebut namanya dengan nama "Pulong" atau suku Melayu Indonesia menyebutnya dengan nama "Kuyang" dan hantu ini mempunyai sebutan yang beragam sesuai daerah dimana dia berada".

Kata ini sangat dilarang di Belitung,karena pengucapannya terlalu kasar bahkan orang tua dahulu tak segan menghukum anaknya dengan Meraupkan Cabe ke mulut,agar tidak menyebutkan kata kasar tersebut di Belitung.

Karena Para orangtua dahulu dibelitung sangat takut dengan Hantu yang satu ini,karena tak segan mendatangi rumah yang memanggil dan menyebut namanya dan hantu "KEDAONG" tersebut Juga bisa berkeliaran di masyarakat.

Karena hantu ini,hanya akan keluar pada tubuh tuannya dan mencari mangsa di malam hari dan Menurut cerita rakyat,hantu ini berdiam di dalam tubuh seseorang yang dimana ilmu tersebut berguna untuk kecantikan dan awet muda.

Tapi dikatakan sebagai hantu,dia berdiam diri di dalam tubuh manusia,dan masih bisa bersosialisasi dengan masyarakat setempat jadi sangat tak heran jika hantu ini juga ditakuti,karena bisa menyasar rumah siapa saja.

Namun, walaupun hanya sekedar cerita orang tua dulu,tapi hal tersebut juga berhasil mempengaruhi pemikiran anak di generasi selanjutnya, sehingga pemahaman tentang hantu tersebut juga melekat dari generasi ke generasi.

Itulah mengapa kata KEDAONG sangat tidak ramah di telinga Masyarakat Belitung, karena sering digunakan untuk mengumpat atau mengatai seseorang yang tidak di sukai.

TerPopuler