10 Sapaan Bahasa Belitung Kepada Orang Yang Belum dikenal,Terdengar Kasar Tapi Bersahabat

10 Sapaan Bahasa Belitung Kepada Orang Yang Belum dikenal,Terdengar Kasar Tapi Bersahabat

Selasa, 05 September 2023, September 05, 2023
Foto: Pixabay.com


VISTORBELITUNG.COM,Kata Sapaan adalah kata yang digunakan untuk Menyapa seseorang yang belum dikenal, ataupun yang sudah dikenal dengan menggunakan bahasa lokal Melayu Belitung.

Belitung sendiri masih Termasuk ke dalam suku Melayu dan Menggunakan dialeg Melayu dengan bahasa sehari-hari.

Berikuta adalah kata-kata sapaan yang paling sering digunakan untuk Menyapa:

1.BRO

Kata ini sendiri memang kata yang sangat Familiar dan digunakan dikota-kota besar seperti Jakarta,namun kata tersebut juga digunakan anak lokal Belitung,untuk Menyapa seseorang yang belum dikenal.

2.LUP

 Bahasa Saapan tersebut,apabila digunakan di Belitung terdengar kasar,karena kata 'lup' digunakan untuk memanggil Bocah-bocah yang di anggap nakal yang ada di Belitung.

3.SEDARE

Kata ini di gunakan untuk sapaan juga, walaupun bukan kerabat dekat ataupun tidak dikenal sering juga menggunakan kata "Sedare" untuk menyapa seseorang, Misalkan sebagai contoh bertemu seseorang yang sudah dikenal,dengan menyebutkan "woy...sedare aku"? Padahal pada kenyataannya mereka bukanlah saudara sekandung ataupun keluarga.


4.KULUP 

Adalah ungkapan dari Orang tua dahulu dan hampir sama Artinya dengan kata "LuP sebelumnya,namun kulup adalah ungkapan sapaan orang tua yang tinggal di Sebrang Belitung misalkan Daerah Badau dan sekitarnya,sering menggunakan kata kulup untuk menyapa seseorang yang belum dikenal.

5.DAYANG

Adalah kata sapaan kepada seseorang wanita Remaja yang belum dikenal,kata ini adalah ungkapan sebenarnya dan sangat jarang digunakan,kepada wanita muda dibelitung karena hanya digunakan untuk sesama para wanita saja yang boleh memanggilnya menggunakan kata Sapaan tersebut.

6.TALIP

Merupakan kata sapaan untuk menyapa seseorang yang di anggap kurang memahami sesuatu,dan ungkapan yang kasar dan Merendahkan.

7.JABER

kata Jaber merupakan ungkapan keterkejutan atas Pernyataan seseorang? Dan kata ini sering digunakan orang bebute daerah pesisir pantai,kata yang lumayan kasar tergantung pada pengucapan dan kondisi.

8.SIDAK

Kata Sapaan sidak itu merupakan Ungkapan untuk menunjukkan kondisi penekanan kepada lawan bicara, terhadap ucapan yang dikatakan,semisal Dua orang berbicara berlebihan dan ditanggapi oleh lawan bicaranya "Ngeri uh...sidak" artinya Ngeri uh... "kau".

9.PERADIK'AN

Kata ini hampir sama dengan saudara,namun peradik'an memiliki makna saudara dekat dan hanya digunakan sesama yang merasa saudara.

10.SEJUER
 
Kata yang digabung dengan "Jaber" dengan maksud penekanan kata "Sejuer Jaber" merupakan kata yang sangat kasar dan sering digunakan untuk mengumpat atau mengatai seseorang.

TerPopuler