TRADISI UNIK,"KALEO-LEO Pesisir Buton Membuktikan Kebenaran Dua Orang Yang Berseteru dengan cara Menyelam Menahan NAFAS

TRADISI UNIK,"KALEO-LEO Pesisir Buton Membuktikan Kebenaran Dua Orang Yang Berseteru dengan cara Menyelam Menahan NAFAS

Selasa, 03 Oktober 2023, Oktober 03, 2023
Foto: Facebook (aditya purwanto sakit) 


VISTORBELITUNG.COM,kaleo-leo merupakan hukum adat yang dilakukan untuk membuktikan kebenaran, ketika ada kedua belah pihak yang berseteru. 

Kleo-kleo sudah berlaku lama di pesisir buton tepatnya di gumanano Kec.Mawasangka dalam profesi Kaleo-leo. 

Kaleo-leo merupakan Tradisi untuk membuktikan kebenaran secara adat setempat. 

"Kedua Belah pihak yang bertikai, akan dilakukan kaleo-leo dengan Menancap akan Sebuah Potongan kayu ke dalam tanah lautan, setelahnya kedua yang bertikai atau Berseteru akan Menyelam dengan keadaan Memegang barang kayu dan kaki berada di tanah,dan kemudian menyelam."


Sebelum Masuk Ke dalam Air biasanya, sudah di Bacakan Jampi-jampi sesuai adat setempat. 

Saat Keduanya Menyelam,menurut kepercayaan adat setempat Walaupun Orang tersebut sudah ahli dalam Menyelam maka siapa saja yang Berbohong tidak akan bertahan lama ketika menyelam di dalam air laut. 

"Karena Wajah ataupun Tangan Akan Terasa gatal, menurut kepercayaan Setempat bagi siapa saja yang berbohong, dan jika Menyelam Yang Berbohong Cenderung tidak akan tenang ketika menyelam dan Menahan nafas".

Dan Jika salah satu di antara yang berseteru tidak dapat menahan nafasnya dan dinyatakan bersalah, maka sangsi adat telah menanti dengan ganti rugi berupa uang dan Kesepakatan yang telah di setujui. 

TerPopuler