RUPIAH ANJLOK hari Ini Tembus 16.350 Ribu per Dollar AS,Apa Penyebabnya?

RUPIAH ANJLOK hari Ini Tembus 16.350 Ribu per Dollar AS,Apa Penyebabnya?

Minggu, 30 Juni 2024, Juni 30, 2024
Foto:Pixabay.com


VISTORBELITUNG.COM,Perlemahan rupiah ke Dollar AS, Sangat Anjlok bahkan tertinggi saat ini Rp. 16.348,50 Rupiah/ $1 Dollar Amerika Serikat.


Bahkan Indonesia Terakhir kali Nilai Mata uangnya menguat pada tahun 2002 yaitu berkisar Rp.9.750/ Dollar AS. 


Ada Banyak Faktor yang mempengaruhi Penurunan Nilai Mata Uang di Indonesia - Terhadap Dollar As yaitu salah satunya yang menjadi Pengaruh Penurunan Nilai Mata uang Indonesia adalah import Bahan Pangan dan Kebijakan Keuangan di Indonesia.


Baca Juga:Pemerintah Beri Santunan Ke Karyawan Swasta Yang Bergaji di Bawah 5 Juta Simak Persyaratannya


Namun,sentimen ekonomi dunia terhadap perdagangan juga mempengaruhi,pengeluaran belanja negara ke negara lain,sehingga nilai tukar Rupiah melemah. 


Di tambah hutang pemerintah yang membengkak ke negara lain dan Terjadi indikasi Korupsi yang Besar pada suatu negara,akan melemahkan Nilai tukar sendiri. 


"Jumlah utang itu naik Rp76,33 triliun dibandingkan posisi bulan sebelumnya yang senilai Rp8.262,10 triliun. Dikutip dari Buku APBN Kita Edisi Mei 2024, menyebutkan bahwa rasio utang pemerintah tersebut setara 38,64 persen terhadap Produk Domestik bruto (PDB) Indonesia"


Hutang Pemerintah juga turut andil,menjadi salah satu penyebab mata uang melemah. 


Yang lebih pentingnya, kenapa uang rupiah melemah karena perputaran uang di Negara tersebut tidak berjalan, karena Banyaknya masyarakat yang terjebak Riba. 


Baca Juga:Hutang Negara 7000 Triliun Era Presiden Joko widodo Bisa Lunas dalam Satu Hari,Ini Penjelasan Eks.Komjen Dharma Pongrekun



TerPopuler