Apa itu PERCEIVED VALUE yang disebutkan Timothy Ronald

Apa itu PERCEIVED VALUE yang disebutkan Timothy Ronald

Senin, 28 Oktober 2024, Oktober 28, 2024
Foto:Timothy Ronald


VISTORBELITUNG.COM,Perceived value adalah persepsi atau penilaian konsumen terhadap nilai atau manfaat yang mereka dapatkan dari suatu produk atau jasa. Sederhananya, ini adalah seberapa berharga suatu produk di mata konsumen, baik itu dari segi manfaat yang didapat, kualitas, desain, atau faktor lainnya.


Mengapa perceived value penting?

 • Keputusan pembelian: Konsumen cenderung memilih produk yang menurut mereka memberikan nilai tertinggi.

 • Loyalitas pelanggan: Produk dengan perceived value tinggi cenderung menciptakan loyalitas pelanggan yang lebih kuat.

 • Harga: Perceived value dapat mempengaruhi harga yang konsumen bersedia bayar untuk suatu produk.

 • Posisi pasar: Produk dengan perceived value tinggi seringkali memiliki posisi yang lebih kuat di pasar.


Faktor-faktor yang mempengaruhi perceived value:

 • Kualitas produk: Semakin baik kualitas produk, semakin tinggi perceived value-nya.

 • Merek: Merek yang kuat dapat meningkatkan perceived value produk.

 • Harga: Harga yang sesuai dengan kualitas produk dapat meningkatkan perceived value.

 • Desain: Desain yang menarik dan fungsional dapat meningkatkan perceived value.

 • Manfaat tambahan: Fitur atau layanan tambahan yang ditawarkan dapat meningkatkan perceived value.

 • Pengalaman pelanggan: Pengalaman positif saat berinteraksi dengan produk atau merek dapat meningkatkan perceived value.


Contoh:

 • Smartphone: Konsumen mungkin memilih smartphone dengan harga lebih tinggi karena mereka percaya bahwa merek tersebut menawarkan kualitas kamera yang lebih baik, desain yang lebih premium, atau fitur-fitur canggih lainnya.


 • Mobil: Konsumen mungkin memilih mobil dengan merek tertentu karena mereka percaya bahwa merek tersebut memiliki reputasi yang baik dalam hal keamanan, kenyamanan, atau performa.


Rumus sederhana untuk memahami perceived value:

 • Perceived Value = Perceived Benefit – Perceived Cost


Artinya, perceived value adalah selisih antara manfaat yang dirasakan konsumen dari suatu produk dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan produk tersebut.

TerPopuler